Bali: Tempat Tujuan Wisata Yang Wajib Dikunjungi


Menemukan banyak tempat wisata di Bali sangatlah mudah karena memang daerah yang memiliki banyak sebutan seperti Pulau Dewata, Pulau Seribu Kuil, Pulau Surga dan sebagainya itu adalah lokasi wisata.

tempat wisata di bali
Pura Tempat Ibadah Hindu Bali

Di setiap sudut pulau akan mudah dilihat tempat indah dan eksotik, menarik setiap orang yang berkunjung ke pulau Bali. Tulisan ini hanyalah ingin menggambarkan situasi pulau Bali secara menyeluruh sebagai ungkapan hati yang jauh dari kesempurnaan tentang kekaguman terhadap sebuah budaya, seni, masyarakat, keindahan alam yang diberikan Maha Pencipta kepada manusia untuk menjaga dan melestarikannya.

Letak Geografi Bali

pantai tempat wisata di bali
Pura Tanah Lot

Bali memiliki luas area atau daerah sekitar 5.632 kilometer persegi yang terletak di antara ribuan pulau yang ada di Indonesia. Memiliki beberapa gunung yang masih aktif merupakan daya tarik alami indahnya pemandangan natural pulau Dewata.

Eksotisme yang terletak pada siluet indah pantai pasir putihnya. Di luar pulau utama, Bali mempromosikan beberapa pulau kecil yaitu Nusa Penida, Nusa Lembongan, Ceningan & Pulau Menjangan yang tak dapat disangkal surga bagi para penyelam dan peselancar.

Bali menempatkan penghormatan tinggi untuk unsur-unsur alam, termasuk gunung, laut, mata air (seperti danau, sungai, dan elemen lainnya). Keindahan dan harmonisasi alam menjunjung tinggi filosofi menjadi sumber bagi kehidupan. Oleh karena itu, sifat dan semua elemen alam sangatlah penting dan  memiliki ruang khusus di di geliat kehidupan Bali. Orang Bali memiliki sumbangan penting dalam kegiatan spiritual dan agama, seperti misalnya Gunung Agung, gunung tertinggi di Bali (3.141 m) dan Pura Besakih sebagai sarana ibadah Hindu di kaki gunung itu merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang sakral dan sangat diminati para turis.

Agama dan Tradisi Yang Lestari
Bali memiliki populasi lebih dari 3,5 juta orang dimana masyarakat sebagian besar adalah pemeluk Hindu. Masyarakat Hindu Bali dengan gigih mempertahankan nilai-nilai budaya asli kedaerahan yang menitikberatkan pemenuhan hubungan manusia dan alam secara seimbang dan harmonis yang biasa di sebut dengan Tri Hita Karana.

Tri Hita Karana adalah panduan tentang bagaimana untuk memiliki hubungan yang harmonis dengan alam sekitarnya (Pawongan), orang lain (Pelemahan) dan dengan Ida Hyang Widhi Wasa / Tuhan Yang Maha Kuasa (Parahyangan). Komitmen untuk menjaga dan mewujudkan nilai-nilai fundamental dalam hidup sehari-hari adalah hal yang membuat Bali unik dalam kehidupan mayarakat yang dinamis.

Hindu Bali merayakan hari raya Kuningan dan Galungan dalam setiap enam bulan dan merayakan Tahun Baru dengan ritual khusus yang disebut Nyepi. Perayaan Nyepi dimulai dengan pelaksanaan catur Brata Penyepian (empat hal terlarang yang harus dilakukan selama perubahan Tahun Saka) yang meliputi amati geni (tidak ada cahaya), amati lelunggaan (tidak ada perjalanan), amati lelangguan (tidak ada hiburan) dan amati karya (tidak ada kegiatan). Selama Nyepi, semua tempat wisata di Bali akan menjadi sangat sepi selama 24 jam, bukan itu saja bahkan pelabuhan, bandara, terminal, pasar dan sebagainya akan ditinggalkan oleh orang untuk sementara waktu. Untuk mengamankan dan menertibkan hari Nyepi, masyarakat adat Bali biasanya menugaskan para Pecalang untuk mengawasi dengan ketat semua kegiatan masyarakat di hari tersebut.

Sinergi Budaya, Alam dan Spiritual Yang Harmoni
Bali memberikan apresiasi tinggi terhadap alam, budaya dan kehidupan spiritual, semuanya bersatu dan bersinergi untuk menciptakan keharmonisan dan perdamaian di tiap sudut pulau. Pesona Bali tidak hanya berlabuh di indahnya pemandangan persawahan padi yang dialiri oleh sistem Subak (sistem yang telah diterapkan selama ratusan tahun). Pulau ini memanjakan wisatawan melalui seleksi tari dan perayaan ritual budaya juga dalam kesadaran spiritual yang membuat fondasi kuat untuk hidup mereka. Selain itu, kejujuran Bali menggeliat di setiap gerak kehidupan mayarakat yang menenangkan orang lain.


Sawah dengan pengairan Subak - tempat wisata di bali
Pemandangan Persawahan di Bali

Bakat alam Bali yang kaya seperti tanah yang subur, sumber mata air yang tak pernah mati, atau cuaca ramah tapi dingin, memungkinkan tanah Bali ditumbuhi setiap tanaman. Dari beras diproduksi di sawah padi yang menakjubkan, bermacam bunga berwarna-warni ditumbuhkan untuk ritual, seperti pohon beringin, kelapa, plumeria, teratai, kembang sepatu, cempaka dan tanaman lainnya, sebuah karakteristik khas tersendiri yang mampu menjelaskan Bali dengan kekayaan alamnya.

Alam adalah bagian yang sangat dihormati sebagai elemen penting di Bali. Bahkan, mereka memiliki acara khusus untuk memberikan hormat yang mendalam kepada tanaman yaitu acara ritual Tumpek Uduh. Begitu banyak ritual yang akan Anda temukan di Bali sebagian besar untuk membawa harmoni dalam kehidupan, baik di laut atau mata air, hutan, dan tempat-tempat lainnya.

Atraksi budaya dan kreasi dari Bali telah dimainkan di atas panggung hampir di seluruh belahan dunia. Orang mengagumi setiap gerakan tarian Bali, semangat kehidupan diiringi gamelan, kisah wayang, kerajinan indah, lukisan yang brilian, pakaian, seni lainnya dan desain budaya khas Bali. Di luar kreativitas, pemahaman mendalam untuk tradisi dan kesopanan untuk menyajikan karya seni untuk Sang Pencipta, Ida Hyang Widhi Waca, juga memainkan peran penting dalam kreasi budaya dan atraksi.


tari kecak - tempat wisata di bali
Tari Kecak

Kegiatan spiritual di Bali sangat didominasi oleh ritual Hindu. Dalam kehidupan sehari-hari di Pulau Ribuan Candi ini, kegiatan spiritual terjadi terutama pada hari-hari suci bagi umat Hindu. Sebuah peristiwa spiritual juga terjadi untuk menandai setiap fase kehidupan dari hari kelahiran, ke masa kanak-kanak, dewasa, upacara pernikahan sampai mereka meninggal dunia. Salah satu proses ritual umat Hindu yaitu Ngaben, terkenal sampai masyarakat internasional sebagai aktivitas untuk memberikan doa dan penghormatan kepada para leluhur atau orang yang telah meninggal dunia.

Konsep Spiritual Tempat Wisata di Bali
Jangan kuatir bahwa Anda akan kehilangan hal-hal menarik di Bali. Ada banyak kegiatan bisa dilakukan untuk melihat sifat yang menakjubkan dan kebudayaan, seperti bagaimana Bali menjalani hidup sehari-hari mereka. Selalu ada aktivitas spiritual dalam upaya untuk menjaga keutuhan alam dan para Dewa agar tetap seimbang. Bali merayakan hidup dengan penuh sukacita, mencerminkan kemurnian dan rasa syukur kepada pencipta kehidupan, Ida Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa).

Untuk membawa harmoni ke dalam hidup, orang Bali telah melakukan beberapa tahapan prosesi spiritual sejak mereka masih di dalam kandungan. Mereka mulai melalui masa kelahiran, kedewasaan dan kematian dengan rasa terima kasih dan prosesi upacara. Sebuah acara menarik yang terlalu berharga jika terlewat begitu saja.

Bali memiliki masyarakat dengan sebagian besar sebagai pengikut Hindu, daftar sejumlah peristiwa spiritual, termasuk acara ritual sekali pada bulan purnama atau bulan tidur (tilem), hari besar Galungan dan Kuningan, dan hari-hari suci lainnya. Melalui acara ini, mereka mengungkapkan rasa terima kasih kepada Tuhan berkat kehidupan.


perayaan nyepi di bali
Tempat Wisata di Bali nampak sepi saat hari raya Nyepi

Bali merayakan pergantian tahun (tahun Caka) dengan cara yang unik, satu-satunya di dunia. Perubahan tahun di Bali diperingati sebagai Nyepi. Prosesi Nyepi ini dimulai dengan beberapa upacara yang ditujukan untuk kebangkitan diri dan peremajaan alami untuk menyambut hari baru. Mereka mencuci peralatan upacara di laut atau mata air untuk membawa kembali kemurnian. Kemudian selama Nyepi, Bali tetap aktif dengan melakukan catur brata penyepian (empat tantangan pada Nyepi hari) yang terdiri dari: Amati Geni (tidak ada api termasuk perasaan marah di dalam), Amati Lelanguan (tidak ada hiburan), Amati Lelungaan (tidak ada perjalanan) dan Amati Karya (tidak ada kegiatan). Pada Nyepi, disana tidak terlihat ada aktivitas di bandara Ngurah Rai Denpasar, pelabuhan, tempat wisata di Bali dan semua jalanan di Bali. [baca juga: Hotel Murah di Denpasar].